Setiap tahun inovasi peralatan dari MEP terus ada sehingga efisiensi dari sebuah kebutuhan semakin mungkin untuk terpenuhi dan berdampak pada efisiensi biaya perawatan dan pemakaian yang lebih bisa di tekan. Beberapa peralatan utama yang mengalami perubahan inovasi diantaranya :

1. Peralatan Penyejuk Udara. AC Split. Pada awal di ciptakan AC Split merupakan suatu alat yang besar karna antara condensor dan evaporaptor menjadi satu yang tak terpisahkan. Seperti contoh AC Split type window. Beberapa kekurangan dari type ini diantaranya adalah kubikasi yang besar, daya listrik yang besar, tidak ramah lingkungan dan berisik. Inovasi dari unit type ini ada banyak type yang terbaru adalah type ac split inverter. Ac dengan jenis ini memiliki kelebihan yaitu hemat listrik karena kinerja kompresor diatur sedemikian rupa sehingga putarannya selalu dinamis sesuai dengan kebutuhan pendinginan jika tipe yang lama hanya bisa mati dan hidup sedangkan tipe inverter bisa mati, pelan dan kencang yang akan berimbas pada hematnya pemakaian listrik.

2. Pemanas air. Dahulu alat pemanas air atau boiler menggunakan gas atau solar oil sebagai bahan pembakar atau burner dimana biaya yang di butuhkan tidak sedikit. Memang di banding keduanya lebih hemat menggunakan gas itupun bila menggunakan gas alam, jika menggunakan gas elpiji tak terpaut jauh harganya. Inovasi dari boiler adalah Heatpump atau pompa pencari panas, heatpump menggunakan listrik sebagai sumberdayanya.

3.BAS ( Building Automation System ). Saat ini setiap perangkat MEP seperti pompa, lampu dan equipment laninnya dapat di atur sedemikian rupa sehingga lebih efisien dan hemat energi. Perinsip kerja dari sistem ini adalah merubah sinyal analog dari sebuah equipment menjadi sinyal digital sehingga dapat dikenali komputer. Kinerja dari equipment tersebut di olah oleh perangkat lunak yang ada di dalam komputer sehingga bisa di atur secara LAN ataupun WAN.