DISPENSING PUMP

Dispensing pump atau sering kita seebut SPBU merupakan pompa bahan bakar yang memompa dari tanki bahan bakar SPBU menuju tanki kendaraan bermotor tetapi bukan hanya memompa selain itu juga berfungsi untuk menghitung besaran volume bahan bakar, kalkulasi nilai biaya, rekam jejak keluaran bahan bakar, print out hasil perhitungan dan adjustable plus minus kalibrasi. Untuk hasil keluaran dispensing pump harus  memiliki akurasi yang tinggi dan untuk SPBU yang baik atau memiliki standar pasti pas memiliki peraturan dimana setiap 6 bulan sekali harus dilakukan kalibrasi ulang atau biasa disebut juga terra yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, bila ada oknum yang nakal atau bermain dengan swasta pemilik SPBU di saat kalibrasi inilah dilakukan adjustable terhadap akurasi keluaran volume bahan bakar. Plus atau minus keluaran bahan bakar memiliki satuan mili liter per 20 liter dimana tiap 20 liter di kurangi atau ditambahkan volume mili liter bahan bakar, nilai rangenya -10 sampai dengan +10 mili liter tiap 20 liter tiap-tiap SPBU memiliki kebijakan sendiri untuk kalibrasi ini dan biasanya terbagi atas 3 jenis yaitu :

  1.  SPBU dengan mengurangi volume hasil keluaran tiap 20 liter. SPBU yang seperti ini memiliki resiko tinggi untuk memiliki banyak pelanggan karna pelanggan yang datang selalu pelanggan baru yang belum tau jika hasil liter yang diterima selalu kurang. Tetapi jika pelanggan yang terbiasa mengisi dan membandingkan dengan SPBU lainnya lama kelamaan akan sadar bahwa SPBU tersebut melakukan kecurangan. Range yang di pakai di SPBU jenis ini bisa sampai -10 Mili liter tiap 20 Liter dan biasanya sepi pelanggan dan terletak di jalan jalan utama seperti pantura dll.
  2. SPBU dengan keluaran 1:1 atau 0 kalibrasi. SPBU seperti ini memiliki volume keluaran bahan bakar yang sesuai dengan kita beli tanpa ada kurang atau lebih, pemilik SPBU jenis ini biasanya milik Pertamina dengan kode no registri SPBU 31/xxx /xx/xx dan bukan swasta tetapi kalaupun swasta pemiliknya biasanya orang yang baik dan takut dengan dosa.
  3. SPBU dengan menambahkan volume hasil keluaran tiap 20 liter. Banyak yang tidak menyangka bahwa ternyata ada SPBU yang memberikan volume lebih pada saat kita mengisi bahan bakar. Pertanyaannya untuk apa ?. Memang tidak banyak SPBU yang memiliki ciri ini dan mungkin tidak ada bila SPBU nya Pertamina, namun untuk SPBU swasta seperti shell, total atau petronas mereka melakukan hal ini dan untuk jawaban dari pertanyaan diatas adalah … untuk promosi dan mencari pelanggan baru.

Ada beberapa merk yang biasa kita lihat di SPBU seperti Tatsuno jepang atau wyne korea dan masih banyak lagi, tiap merk memiliki karakteristik sendiri. Ketahanan dari material pada tiap tiap merk juga berbeda.

Demikian uraian singkat dari dispensing pump dan selanjutnya mari kita kupas satu persatu bagian bagian dari dispensing pump kita bahas juga standar instalasi dispensing pump, instalasi pemipaan bahan bakarnya, sistem kelistrikan dan pengoprasian dispensing pump.

Beberapa bagian dari dispensing pump yaitu :