Udara memiliki sifat menekan ke berbagai arah, tidak memiliki warna, memiliki massa atau berat dan menempati ruang. Dari beberapa sifat yang saya jabarkan di atas kita akan membahas satu sifat yang berpengaruh besar pada materi kita kali ini. Udara memiliki sifat untuk menekan ke segala arah dengan kata lain membentuk sebuah tekanan bila ada satu benda menekan udara. Karna sifatnya itu maka udara bisa di manfaatkan untuk meringankan tugas berat manusia. Selain untuk bernafas pastisnya. Yang sering kita jumpai di kehidupan sehari hari adalah udara di manfaatkan untuk membentuk berbagai macam bentuk dari balon udara. Dan yang lebih ke arah tekhnis adalah udara di gunakan untuk membantu pengereman dari kendaraan besar seperti bus ataupun truk. Prinsip kerja dari rem udara ini adalah memanfaatkan tekanan udara untuk mendorong kanvas rem sehingga bisa terjadi pengereman yang lembut tetapi sangat bertekanan. Dalam bidang teknologi militer udara bertekanan juga di gunakan sebagai senapan angin yang berfungsi untuk mendorong peluru mengenai sasaran. Tetapi kali ini kita akan membahas fungsi dari udara bertekanan untuk kebutuhan mesin mesin industri. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk sistem ini adalah :

1. Mesin kompressor pemampat udara.

Pada perinsipnya cara kerja dari mesin ini adalah mengsisap udara untuk di pampatkan dan di masukan kedalam tabung berbahan plat baja yang kuat. Beberapa komponen di mesin ini antara lain. Engine, piston pemampat udara, pully, selang besi tekanan tinggi dan tangki bertekanan. Engine menggerakan piston pemampat udara melalui pully dan belt lalu udara yang dipampatkan tersebut di alirkan ke tangki melalui selang besi. Beberapa assesoris dari mesin ini juga sangat penting karena di gunakan sebagai pengaman agar tekanan udara yang ada di dalam tangki tidak melebihi kapasitas kapasitas tanki.

2. Pipa penyalur udara bertekanan.

Pipa yang digunakan dalam dunia industri untuk pipa bertekanan biasanya menggunakan pipa besi yang memiliki ciri khusus. Selain agar udara yang di dalam tidak bocor juga agar udara yang ada didalam pipa berjalan dengan lancar di dalam pipa. Beberapa pipa memiliki sertifikasi khusus untuk beberapa media penyalur seperti untuk air, angin ataupun minyak dan bahan2 kimia lainnya. Selain pipa ada lagi yang tidak kalah penting adalah sistem pengelasan sambungan. Kawat las yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis pipa yang akan di las. Sertifikasi pengelas juga di butuhkan di sini karena SDM untuk mengelas pips khusus ini tidak bisa sembarang orang. Biasanya yang mengeluarkan sertifikasi adalah intansi pemerintah di bidang industri. Pernah suatu saat karna terjadinya salah pengelasan terjadi kebocoran gas yang sangat berbahaya.

3. Aksesoris pipa bertekanan.

Mesin kompresor dan pipanya tidak akan bisa berfungsi dengan baik bila tidak ada aksesoris pendukung sistem. Beberapa aksesoris berfungsi sebagai Pressure safety, Pressure control dan Pressure conector. Di jaman sekarang beberapa sistem ini juga sudah di lengkapi EAS atau Equipment automation control dimana setiap aksesoris terhubung lewat komputer dimana setiap alat bisa di monitor dan di kontrol oleh software yang di rancang khusus untuk keperluan tertentu sesuai dengan alat yang akan di supply.

Banyak peralatan industri membutuhkan udara bertekanan karna sangat efektif untuk menghasilkan tekanan yang merata seperti untuk mesin press body ataupun press benda2 yang lain. Instalasi pemipaan juga bisa sangat rumit karena banyak alat yang akan di supply.