Beberapa kemajuan teknologi dibidang penyejuk udara antara lain adalah sistem split VRV. Vrv adalah kependekan dari Variable Refrigerant Volume. Pengertian dari variable disini adalah tidak konstan atau tetap karena volume yg bersikulasi di dalam pipa tembaga akan selalu berubah tekanannya tergantung dari kebutuhan pendinginannya. Ada banyak perbedaan mendasar dari sistem pendahulunya yaitu ac split diantarannya adalah sistem pemipaan, kompressor dan instalasi di lapangan. Dari segi biaya ac type VRV sangat jauh berbeda dengan ac split biasa jauh lebih mahal salah satu faktor yang membuat ac VRV lebih mahal adalah sistem kerja kompresor dan sistem pemipaannya. Beberapa pertimbangan bila ingin memutuskan menggunakan type VRV diantaranya.

1. Dari segi lokasi indoor dan outdoor. Jika lokasi tidak memungkinkan untuk menggukanan ac split biasa alangkah baiknya menggunakan type vrv.

2. Dari segi efisiensi volume ruangan. Jika ruang yang tersedia untuk penempatan outdor yang dirasa kurang type vrv adalah solusi yang bijak.

3. Dari segi maintenance atau perawatan. Ac type vrv akan lebih mudah untuk perawatan karna sistemnya yang sentralisasi.

Tiga poin di atas adalah sebagian dari keuntungan menggunakan sistem ac vrv tetapi sitem ac type ini juga memili beberapa kekurangan diantarannya :

1. Investasi yang sangat mahal di bandingkan menggunakan ac split

2. Instalasi yang rumit terutama sistem pipa refrigerant.

3. Suara yang dihasilkan dari outdoor unit akan lebih besar karna memiliki kapasitas kompresor besar.

Beberapa hal yang harus di berikan perhatian khusus dalam mendesign sistem ac vrv adalah sistem pemipaan karna instalasi pipa refrigerant menuju ke semua indor unit dengan berbagai macam type. Beberapa merk ac vrv memiliki metode yang berbeda dalam menentukan diamete pipa refrigerant untuk gas maupun liquid. Saya ambil contoh adalah merk pelopor pertama ac ini adalah daikin. Daikin memiliki tabel yang menentukan range diameter ukuran untuk pipa refrigerant sesuai dengan kebutuhan ac nya. Setiap percabangan harus menggunakan refnet joint sebagai shock ataupun cabangan pembagi. Dari tiap tiap beban ac yang ada sangat berpengaruh untuk menentukan kapasitas total outdoor unitnya. Jarak antara indoor dan outdoor juga sangat mempengaruhi kinerja dari sistem ac ini. Demikian penjabaran singkat tentang ac VRV ( Variable Refrigerant Volume ) semoga bermanfaat bagi kita smua.