CCTV atau Closed circuit television adalah teknologi yang membantu kita untuk memantau atau mengamati suatu tempat atau ruang baik itu di dalam ataupun di luar bangunan. Prinsip dasarnya adalah penempatan sebuah camera agar pengguna dapat melihat situasi lewat televisi. Tetapi saat ini teknologi semakin maju semua gambar yang ada bisa terekam dengan kualitas gambar yang prima. Sehingga hasil gambar yang di hasilkan bisa di jadikan bukti yang kuat dari suatu tindak kejahatan. Ada banyak jenis camera yang di pasaran dan terbagi atas beberapa jenis. Diantaranya :

1. Fixed dome camera. Adalah kamera tetap yang tidak dapat di kontrol gerakan maupun zoom nya dari jauh. Biasanya di gunakan untuk area area yang tidak memerlukan fokus yang tinggi tetapi bisa menampilkan wajah seseorang dengan jelas.

2. Motorized with zoom camera. Kamera ini digunakan untuk keperluan identifikasi seseorang atau barang dengan focus yang tinggi. Dapat di kontrol dari jarak jauh sehingga focus yang di inginkan untuk melihat sesuatu menjadi jelas. Camera ini di kontrol menggunakan joy stik dan software tertentu sehingga hasilnya maksimal.

3. Outdoor camera with infra red. Kamera jenis ini di gunakan untuk keperluan luar bangunan, karnanya camera ini di lengkapi dengan housing yang tahan cuaca. Memiliki infra merah yang akan menyala pada malam hari untuk memberikan gambar yang maksimal walaupun gelap total.