Kita mungkin sering mendengar kata kata key tag atau Hotel switch atau Key card ketiga kata ini merujuk pada satu alat. Fungsi dari alat ini adalah memutus atau menyambungkan aliran listrik ke dalam suatu area atau ruang, yang membuat alat ini spesial adalah karena untuk memutus atau menyambungkan arus listriknya menggunakan kartu yang di masukan ke dalam alat tersebut. Kartu yang di gunakan biasanya di beri logo dan gambar hotel. Mengapa ket tag itu penting apalagi untuk kamar hotel. Karena bila satu kamar hotel tidak berpenghuni atau belum terjual kemungkinan arus listrik akan masih mengalir ke dalam ruangan tersebut yang pada akhirnya akan terjadi pemborosan listrik. Jika menggunakan key tag semua arus listrik akan terputus bila kartu di ambil. Ada beberapa alat yang harus di pasang bila satu kamar ingin di pasangkan key tag. Saya jabarkan sebagai berikut :

 

1. Key tag. Banyak ragam dari key tag dari yang mahal ataupun murah biasanya unit ini di jual terpisah dengan kartu nya. kartu nya bisa apa saja ATM pun bisa. Fungsi dasar ket tag ini adalah pemutus arus listrik utama yang menuju ke ruangan.

 

2. Kontaktor. Kontaktor wajib di pasang bila anda menggunakan key tag karna besaran daya yang akan di putus arus nya oleh key tag sangat besar bisa sampai 10 atau 16 A karnanya key tag tidak akan sanggup memutus arus ini tanpa adanya kontaktor. akibatnya bisa fatal bila tidak menggunakan kontaktor. akan terbakar atau konsleting. Kontaktor akan mewakili key tag untuk memutus atau menyambungkan arus listrik yang besar tersebut.

 

3. MCB atau mini circuit breaker. Berfungsi sebagai pengaman beban dari group listrik yang ada pada kamar hotel sebelum masuk kedalam kontaktor yang akan di lanjutkan ke key tag. Group beban listrik terbagi sesuai kebutuhan seperti ac, lampu, dan water heater.

 

4. MCB Box. Berfungsi sebagai tempat berkumpulnya semua komponen listrik seperti MCB dan Contactor biasanya mcb box di tanam   di dalam tembok. Banyak jenis dari mcb box dan biasanya merk yang familiar adalah box hager.